Rabu, 23 Maret 2011

CARA MEMBUAT KOTAK KADO (1)

Teknik membuat kotak kado tidak terlalu sulit meski untuk seorang pemula sekalipun. Anda tidak perlu pesimis jika anda merasa tidak memiliki "jiwa seni". jiwa seni hanya dibutuhkan untuk tahap akhir dari membuat kotak kado. Namun ada beberapa hal yang menjadi modal dasar untuk dapat membuat kotak kado sendiri, diantaranya:

1.Kemauan
Diperlukan kemauan yang kuat untuk bisa membuat kotak kado. Tidak hanya kemauan untuk membuat kotak kado, tetapi juga kemauan untuk membuka usaha kotak kado ini. Bukankah itu tujuan awal kita membuat kotak kado? Wirausaha.
Tanpa kemauan yang kuat, maka jika ada hambatan atau halangan yang mendera, anda akan mudah jatuh.

2.Keyakinan
Keyakinan yang sebesar-besarnya didalam diri anda bahwa anda pasti bisa. Bisa membuat kotak kado dan bisa berwirausaha kota kado. Sama dengan kemauan, keyakinan diperlukan untuk mengembalikan semangat berwirausaha kembali manakala kegagalan datang. Anda yakin bahwa anda bisa dan menjadi wirausahawan yang sukses.
Yakinlah, tidak ada seorangpun yang kini sukses tanpa mereka lalui dengan kegagalan.

3.Keseriusan
Serius dalam belajar dan bekerja. Cara mudah menguasai tekhnik membuat kotak kado adalah dengan "learning by doing". ya, belajar sambil mengerjakan. Anda harus serius mencoba membuat kotak kado. Karena keseriusan diperlukan dari tahap awal hingga akhir pembuatan kotak kado. jika anda lengah sedikit, bisa dipastikan kotak kado yang anda buat akan gagal/cacat. Selain itu, keseriusan juga membantu kita terhindar dari rawan kecelakaan terkena pisau/cutter. Penulis sendiri pernah mengalaminya akibat kurang serius/konsentrasi dalam bekerja.
Biasakan bekerja dengan hati yang lapang dan senang.

4.Ketelitian (ukuran & pemotongan)
Membuat kotak kado memerlukan pengukuran dan pemotongan yang akurat. karena itu tingkat ketelitian sangat diperlukan. jika salah dalam pengukuran atau pemotongan, maka presisi akan tidak sempurnya. Walhasil kotak tidak dapat menutup dengan baik atau tutup terlalu besar, dan banyak lagi kesalahan yang mungkin terjadi akibat kurangnya ketelitian.

5.Keterampilan
hal terakhir yang diperlukan aldah keterampilan. hal ini bukan menjadi syarat pokok, tetapi sangat membantu untuk melakukan inovasi produk. Pada umumnya, seni kerajinan tangan senantiasa dituntut untuk selalu berinovasi agar produknya senantiasa diminati oleh konsumen. jika minim keterampilan, anda bisa melihat buku-buku sebagai bahan inovasi produk anda.

5 hal pokok tersebut menjadi modal dasar anda untuk memulai membuat kotak kado dan menekuni bisnis ini. Pada tulisan berikutnya, saya akan coba menjelaskan teknik membuat kotak kado secara jelas.

1 komentar: